Beka Chick

Seketika Menghilangkan Bau Kotoran Unggas

Sumber bau kotoran ayam adalah dari gas ammonia. Gas ini lah yang paling banyak menimbulkan masalah bagi ayam. Pada dasarnya, nitrogen dalam metabolisme protein makhluk hidup diekskresikan ke luar tubuh dalam dua bentuk senyawa kimia, yaitu urea atau asam urat. Jika masih berbentuk asam urat, nitrogen akan didekomposisi (diubah bentuknya) terlebih dahulu menjadi senyawa urea oleh bakteri ureolitik di lingkungan. Adanya kelembaban yang tinggi dan suhu yang relatif rendahlah yang akan membuat urea-urea yang mengandung nitrogen tadi akhirnya terurai menjadi gas amonia dan CO2.

Tingginya produksi gas amonia yang berasal dari kotoran selama ini juga menjadi indikator bahwa proses pencernaan nutrisi di dalam tubuh ayam kurang optimal atau adanya pemberian protein ransum berlebih, sehingga tidak semua nitrogen diserap sebagai asam amino, tetapi dikeluarkan sebagai asam urat lewat kotoran (Pauzenga, 1991).

Gas amonia bersama dengan gas CO2 yang terbentuk akan mengakibatkan tekanan gas O2 dalam udara sekitar ayam menurun, sehingga ayam mengalami kekurangan oksigen. Kondisi inilah yang akhirnya membuat permukaan saluran pernapasan ayam bersifat anaerob (tekanan oksigen rendah) dan bakteri Mycoplasma senang tinggal di lokasi tersebut. Akibatnya ayam sangat mudah terserang CRD. Saat ayam terserang CRD, maka tubuhnya pun menjadi lebih rentan terhadap berbagai serangan penyakit lain. Hal ini karena serangan CRD dapat menyebabkan kerusakan silia dan mukosa saluran pernapasan yang berfungsi mencegah masuknya bibit penyakit. Jadi dengan tidak berfungsinya silia dan mukosa akibat CRD, maka bibit penyakit lain pun akan mudah masuk ke dalam tubuh ayam. Maka dari itu, di lapangan CRD jarang ditemui dalam keadaan murni dan yang paling sering adalah berkolaborasi dengan colibacillosis atau lebih dikenal dengan CRD kompleks. Kasus ini bisa memicu mortalitas hingga angka 10-15%, atau bahkan bisa mencapai 20%. (*artikel bersumber dari Info Medion Online)

Beka Chick di produksi melalui proses bioteknologi bahan-bahan organic menggunakan mikrobia pengurai kotoran unggas yang unggul yaitu: Azospirillium, Aspergillus, actinomycetes, lactobacillus, pseudomonas serta yeast yang berfungsi juga sebagai penambat N pelarut P dan Pelarut K.

Bentuk Sediaan Beka Chick

            Bentuk Sediaan Beka Chick adalah Liquid  berwarna coklat gelap.

Keunggulan Beka Chick

  • Menghilangkan bau kotoran unggas dalam waktu singkat
  • Memutus daur hidup larva lalat dari kotoran unggas
  • Tidak mengundang lalat
  • Kotoran unggas akan menjadi pupuk kompos yang kaya dengan mikrobia penambat N pelarut P dan pelarut K
  • Aman dan mudah di aplikasikan.

Kemasan Beka Chick

Tersedia kemasan botol @1 liter

Dosis dan Aplikasi

  • Dosis larutan : 10-20 ml Beka chick / liter air
  • Aplikasi Semprot secara merata larutan pada tumpukan kotoran unggas setiap 3 hari sekali